Jumat, 29 Mei 2009

TIPS MENJUAL BLOG

Blog adalah sebuah komodit, jika dikelola dengan benar selain menjadi asset juga mampu menjadi sebuah media promosi bagi pemiliknya. Menjual blog membutuhkan sebuah trik khusus sehingga blog yang ditawarkan bisa sesuai dengan harapan dari pemilik blog, cara melakukan penjualan blog dan beberapa syarat yang harus dipenuhinya beberapa diantaranya adalah : • Masuk ke situs SitePoint disini anda akan menemukan beberapa site yang dijual ataupun beberapa orang yang mencari site dengan criteria seperti yang mereka harapkan, jika anda menginginkan site yang terjual dengan harga mahal maka usahakan membuat site dalam bahasa inggris, gunakan jasa penulis content jika anda menginginkan blog anda terjual dalam harga mahal. • Jika blog anda berbahasa Indonesia maka tawarkan blog yang anda miliki ke peminat, bisa dari teman, saudara, relasi, partner atau pelanggan blog anda. Beri newsletter apa keuntungan jika mereka membeli blog anda, dengan mengetahui keuntungan membeli blog maka peluang terjualnya blog lebih tinggi • Ukur harga blog dengan alat penghitung harga blog, ada beberapa alat pengukur harga blog yang layak dicoba, meski memiliki beberapa hasil yang berbeda tetapi dengan memiliki alat pengukur harga blog maka kita bisa menawarkan dengan harga yang standar. • Tawarkan dengan harga standar, semakin tinggi harga maka semakin kecil peminat, terlalu kecil harga maka sama saja dengan tidak menghargai diri. • Blog yang dijual minimal memiliki PR 3, dengan asumsi bahwa pembaca dari blog kita minimal sudah loyal dan selalu menunggu postingan up to date dari blog kita. • Blog yang dijual memiliki traffic minimal 1000 perhari, jika traffic 1000 perhari ini dikalikan 30 maka terkumpul angka 30.000 jika dibandingkan dengan iklan di surat kabar, iklan di televisi maka angka 360.000 kunjungan dalam setahun membuat sebuah produk dengan keuntungan Rp. 10.000 saja mampu mendapatkan pemasukan sampai 100 juta per tahun. • Total kunjungan minimal 100.000, semenjak blog dibangun sudah dikunjungi oleh minimal 100.000 pengunjung, dengan asumsi 25 % loyal, 25 % meninggalkan, 50 % kadang datang kadang tidak dan yang 25 %, diasumsikan 25 % dari 100.000 kembali mengunjungi blog kita maka akan memberikan marketing ke beberapa orang yang dikenalnya (metode word of mouth) • Blog memiliki brand yang kuat, sebuah blog adalah representasi visi dari foundernya, semakin kuat visi dan misinya maka akan semakin kuat blog itu tertanam dalam benak pembaca setianya. • Blog sudah diciptakan dalam jangka waktu lama, ada sebuah blog baru yang langsung menanjak dalam segala hal tetapi diharapkan sebuah stabilitas dalam pengelolaan blog. Jika blog tidak dikelola dengan baik maka meski lama tapi tetap saja murah. • Jual ke pemilik produk dengan proposal tertulis atau newsletter, missal blog anda bercerita tentang teknologi informasi kemudian anda menawarkan blog anda ke pengusaha Jaringan toko seluler maka peluang terbeli tinggi. • Amati parameter harga blog: peringkat blog (Google PageRank), statistik kunjungan yang tercatat di situs semacam Alexa dan Technorati, umur blog, kekuatan brand, pendapatan iklan dari sebuah blog yang bisa ditransfer, jumlah pengunjung setia, jumlah posting, tingkat kerajinan membuat posting, dan jumlah tautan yang masuk. Makin tua umur sebuah blog, makin tinggi peringkat dan statistiknya, serta makin bermutu posting-nya, semakin mahal pula nilainya. Mungkin pengalaman bang Jacky Supit menjual the Jackbook layak di baca, tetapi selama beberapa kali googling, beliau belum pernah membuka suara tentang cara beliau menjual blog, semoga kelak beliau tersentuh dan sudi memberikan petuah tentang cara menjual blog. Jika ada yang lebih expert, mohon komentar positivnya!

Tidak ada komentar: